Saturday 3 May 2014

MIND MAP STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR (SPA)



Kali ini saya akan memposting mengenai mata kuliah saya, Architectural Design atau Studio Perancangan Arsitektur (SPA). Konsep saya ini akan saya sajikan dalam bentuk ‘Mind Map’.
Berikut ini hasil Mind Map buatan saya......
1.      Alur Pikir

Dalam bagian alur pikir di atas membahas langkah-langkah dalam menyusun desain bangunan. Alur pikir tidak selalu maju, namun terkadang harus meninjau kembali ke langkah sebelumnya untuk melakukan feed back control.
2.      Aktivitas Pelaku

Bagian ini menjelaskan aktivitas-aktivitas apa saja yang terjadi di dalamnya oleh setiap penghuninya, yang nantinya akan mempengaruhi ruang apa saja yang nantinya dibutuhkan.
3.      Program Ruang

Program ruang ini mencakup persyaratan ruang, kelompok ruang, dan hubungan ruang. Nantinya kita dapat meletakkan ruang-ruang tersebut pada zona yang sesuai akan kebutuhannya.
4.      Besaran Ruang




Besaran ruang ini diperlukan untuk menyesuaikan luas lahan yang tersedia untuk didirikannya bangunan tersebut.
5.      Sirkulasi Ruang

Sirkulasi ruang ini untuk mengetahui bagaimana lalu lintas atau cara mengakses untuk menuju suatu ruangan tertentu.
6.      Organisasi Ruang

Organisasi ruang diperlukan untuk mengetahui di area mana ruang-ruang tersebut nantinya diletakkan sesuai dengan kelompok-kelompok ruangnya.
7.      Analisis Site

Analisis site ini untuk mengetahui zona mana yang sesuai untuk perletakan ruang-ruang menurut aspek-aspek yang telah ditentukan sebelumnya guna memaksimalkan fungsi ruangnya.
8.      Zonning Akhir

Zonning akhir merupakan kesimpulan dari analisis site maupun analisis data yang sudah melewati beberaa pertimbangan sebelumnya.

4 comments:

  1. bagus blog nya kak.ada tambahanlainnya gak untuk referensi perancangan arsitektur.aku lebih
    ngerti tulisan kakak daripada blog lain

    ReplyDelete
  2. Mantap, gw lebih paham tulisan ini di banding penjelasan dosen wkwkkwkw

    ReplyDelete
  3. Mantap, gw lebih paham tulisan ini di banding penjelasan dosen wkwkkwkw

    ReplyDelete